Kamis, 30 Mei 2013

Danau Nyos, Danau Indah Di Kamerun Dengan Sejuta Misteri

Danau Nyos memiliki pesona alam yang indah. Dengan air yang berwarna biru jernih, dikelilingi bukit nan hijau. Namun siapa yang tahu ternyata danau yang menjadi wisata Kamerun, Afrika ini pernah mematikan bagi lebih 1.746 orang dalam satu malam. Setelah itu, air kemudian menjadi berwarna merah.

Siapapun yang datang kesana pasti akan jatuh cinta melihat Danau Nyos ini. Danau ini memiliki keadaan cuaca lebih sering cerah dan sekeliling terlihat hijau dan asri. Namun danau ini ternyata menyimpan banyak cerita dan rahasia yang dapat menimbulkan bencana yang sangat besar.

Bulan Agustus 1986, di danau ini terjadi ledakan air setinggi 90 meter dan membuat tsunami kecil. Tidak lama kemudian, masyarakat yang tinggal di sana tiba-tiba meninggal satu per satu. Setelah dilakukan penelitian, ternyata, ledakan ini karena kandungan CO2 di danau yang terlalu besar.

Dari hasil penelitian, ada sekitar 12 kubik kilometer gas CO2 yang ditimbulkan dari ledakan tersebut yang hanya berlangsung kurang lebih 20 detik. Hampir tidak ada penduduk yang bisa selamat dari serangan gas yang sangat beracun tersebut.

Gas beracun ternyata tidak hanya menyerang penduduk Desa Nyos yang tinggal dengan jarak paling dekat dengan danau ini. Namun juga menyerang para penduduk di desa yang tinggal dengan jarak sampai 25 km dari danau.

Akibat pelepasan gas tersebut, para masyarakat meninggal tanpa mendapat pertolongan dan tak dapat bertahan walau sebentar. Mereka yang sedang tidur, tidak akan bangun kembali. Dari 800 orang yang berusaha menghindar dan lari, hanya ada 6 yang benar-benar selamat. Setelah tragedi ini selesai, terjadi ledakan karena gas CO2.

Melihat tragedi yang mematikan tersebut, para peneliti akhirnya bekerja sama membuat pipa yang dapat digunakan untuk membuang kelebihan gas CO2 dari danau itu. Hasilnya, hingga sekarang tidak terjadi lagi ledakan yang berbahaya, hanya letupan kecil yang muncul dengan waktu tertentu.


Walau masih tetap mengeluarkan gas CO2, namun dalam kandungan yang lebih kecil dan tidak berbahaya. Namun jika anda ingin berwisata ke sana, anda akan diberi panduan dan dapat langsung melihat sendiri bagaimana danau Nyos, wisata Kamerun ini. Letaknya sekitar 322 km arah barat laut dari ibukota Kamerun, Yaounde.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar