Senin, 24 Juni 2013

Naik Gunung Dan Menikmati Keindahan Kawah Gunung Ijen

Jika anda suka dengan wisata mendaki gunung yang menantang, Kawah Gunung Ijen yang terdapat di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur sangat cocok untuk dikunjungi. Jika berjalan kaki dapat di tempuh hingga jarak tiga kilometer dari pos akhir Paltuding melalui jalan setapak yang berpasir.

Biasanya perjalanan dapat ditempuh hingga dua jam untuk sampai di puncak dan kawah Gunung Ijen tersebut. Sangat cocok untuk anda yang ingin melakukan wisata mendaki gunung, keindahan di puncak dan di kawahnya yang hadir dengan nuansa hijau toska menyatu dengan langit cerah kebiruan dan hutan hijau seklilingnya yang masih asri.


Di pagi buta, keindahan yang diselimuti kabut tebal seakan tidak habis. Disana anda akan bertemu dengan para penambang penambang belerang. Para wisatawan yang berkunjung ke kawah indah ini biasanya berasal dari Eropa. Biasanya mereka akan mendaki Gunung Ijen. Untuk wisatawan dalam negeri hanya sedikit yang berkunjung dan lebih banyak menjadi guide dari tamu asing tersebut.

Tiket masuk untuk melakukan pendakian dengan harga Rp 2.000 bagi wisatawan dari tanah air dan Rp 15.000 untuk wisatawan mancanegara yang juga dikelola oleh Departemen Kehutanan. Dan dibawah ini ada beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum mendaki ke Kawah Gunung Ijen.

1. Transportasi

Jika anda dari Surabaya atau Denpasar, dapat mengambil jalur darat ke kota Bondowoso. Dengan waktu perjalanan hingga tujuh jam dengan biaya ongkos  Rp 50.000. Melalui Denpasar menuju Banyuwangi dengan jarak tempuh hingga empat jam dengan bus umum. Jika melalui Bondowoso atau Banyuwangi menuju pos akhir Paltuding dengan jarak tiga jam memakai mobil jip adventure karena melalui jalan yang banyak  rusak.

Berwisata dengan backpacker dapat melalui Terminal Bondowoso dengan angkutan desa menuju Kecamatan Sempol  dengan biaya Rp 15.000. Dan lanjut memakia ojek ke pos Paltuding. Dari Banyuwangi Anda dapat naik angkutan desa menuju Kecamatan Licin lalu dapat naik truk pengangkut belerang  menuju pos Paltuding.


2. Penginapan

Di pos akhir Paltuding  ada tempat untuk mengiap dengan harga Rp 100.000 per malam atau vila dengan biaya Rp 500.000 per malam. Namun anda dapat tinggal sejenak di guest house dengan biaya Rp 135.000 per kamar per malam. Namun jika dari sini, anda harus menyewa kendaraan.

3. Waktu terbaik

Waktu yang paling tepat melakukan wisata mendaki gunung yaitu pada musim kemarau di bulan Juli sampai September. Pada pukul 05.000 sampai 06.00 WIB karena matahari belum begitu menyengat. Pemandangan di pagi hari lebih mempesona dengan khas asap dan aroma belerang belum berbau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar